
(RPP)
Satuan Pendidikan
: Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : X / II
Materi Pokok :
Impuls dan Momentum
Sub Materi Pokok : Konsep Impuls dan Momentum
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit (1x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan konsep impuls dan momentum
2.
Siswa dapat menghitung impuls menggunakan persamaan impuls
3.
Siswa dapat menghitung momentum menggunakan persamaan momentum
4.
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan momentum dan impuls
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
KD 3.10
Menerapkan konsep impuls dan momentum, serta hukum kekekalan momentum dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.10.1 Menjelaskan
konsep impuls dan momentum
3.10.2 Menghitung impuls menggunakan persamaan impuls
3.10.3 Menghitung momentum menggunakan persamaan momentum
|
KD 4.10
Menyajikan hasil pengujian penerapan hukum kekekalan momentum, misalnya
bola jatuh bebas ke lantai dan roket sederhana
|
4.10.1 Menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan momentum dan impuls
|
C. Materi
Pembelajaran
1. Faktual :
Setiap partikel yang ada di jagad raya ini senantiasa
bergerak,
benda bergerak
dikarenakan adanya kecepatan akibat gaya luar yang mempengaruhinya, partikel yang bergerak berpeluang
untuk bertumbukan satu sama lain
2. Konseptual :
Pengertian impuls dan momentum
3. Prosedural :
Diskusi impuls dan momentum
D. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model : Discovery Learning
E. Media Pembelajaran
1.
Media : LCD, Lembar diskusi Siswa,
Animasi Pembelajaran,
Lembar Observasi
serta penilaian
2.
Alat dan
Bahan : Lembar diskusi siswa
(LDS)
F. Sumber
Belajar
Sumber belajar : Buku fisika SMA kelas x yang relevan
G.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
(15 menit)
1.
Guru mengucapkan salam.
2.
Siswa dan guru menciptakan
suasana religius di dalam kelas dengan bersama-sama berdoa.
3.
Guru memeriksa kehadiran
siswa dengan cara bertanya kepada ketua
kelas.
4.
Guru
memberikan pertanyaan apersepsi kepada siswa, pernahkah kalian menendang bola
? jika pernah, apa yang menyebabkan bola itu bergerak ?
5.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti (90 menit)
1.
Stimulation
(pemberian rangsangan)
Mengamati
2.
Problem statement ( identifikasi masalah)
Menanya
a.
Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati fenomena terkait impuls dan momentum.
b.
Siswa diharapkan bertanya
mengenai permasalahan yang timbul setelah mengamati fenomena terkait impuls dan momentum.
c.
Guru membimbing siswa merumuskan
pertanyaan yang diajukan sebelumnya menjadi sebuah rumusan masalah penelitian
berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya.
d.
Guru membimbing siswa untuk
mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan.
e.
Siswa
menyampaikan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan.
|
3.
Data collection (Pengumpulan Data)
Mencoba
a.
Siswa dibagi dalam beberapa
kelompok untuk melakukan diskusi dengan prosedur pada LDS yang diberikan
b.
Guru membimbing dan
memfasilitasi siswa selama diskusi berlangsung.
c.
Guru
menilai keterampilan siswa dalam diskusi secara kelompok tentang bagaimana kerjasama siswa
dalam kelompok, menghargai ide, saran, dan pendapat orang lain, kemampuan
menjawab pertanyaan, dan kemampuan menarik kesimpulan.
4.
Data Processing (Pengolahan Data)
Mengasosiasi
a.
Siswa mengolah dan
menganalisis data/informasi yang didapatkan dari diskusi.
b.
Guru membantu siswa
menganalisis data supaya menemukan suatu konsep.
5.
Verification
(Pembuktian)
Mengasosiasi
6.
Generalization
(menarik kesimpulan)
Mengkomunikasikan
a. Siswa sebagai perwakilan masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi.
b. Guru mengarahkan siswa-siswa dari kelompok lainnya untuk
memberi tanggapan atau mengajukan pertanyaan.
c.
Guru memberikan masukan dan penguatan materi terhadap hasil
yang telah didapatkan
d.
Menyimpulkan
mengenai konsep impuls dan momentum.
|
3. Penutup (30 menit)
1. Guru membimbing siswa
menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
2. Guru melakukan evaluasi dalam
bentuk penugasan soal evaluasi.
3. Siswa mengisi angket
motivasi
4. Guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam
|
H. PENILAIAN
a.
Jenis/teknis penilaian
Penilaian dilakukan melalui penilaian
proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok,
sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
b.
Bentuk instrumen
Instrumen
kinerja menggunakan lembar observasi yang berupa penilaian terhadap kinerja
siswa selama pembelajaran berlangsung dan juga menggunakan angket untuk melihat
motivasi belajar siswa
Lampiran : Instrumen penilaian (lembar diskusi
siswa), soal (tes tertulis), lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket
motivasi belajar siswa, rubrik penilaian
selamat malam kak. kak aku boleh nggak minta instrumen penilaian, soal tes, lembar observasi dan lembar angket kak ? trima kasih kak.
BalasHapus