LEMBAR KERJA SISWA
HUKUM NEWTON II DAN PENERAPANNYA
Hari, Tanggal : Selasa, 3 Maret
2015
NAMA KELOMPOK :
1.........................................................................
2.........................................................................
3.........................................................................
4.........................................................................
5.........................................................................
6.........................................................................
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X / I
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Judul Percobaan : Hukum II Newton
Waktu : 20 Menit
![]() |
A.
Kompetensi
Inti :
KI. 1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagaibagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI. 3 Memahami
dan menerapakan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI. 4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajari disekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar :
1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan
tentang
aspek
fisik dan kimiawi, kehidupan
dalam ekosistem,
dan peranan manusia dalam lingkungan
serta
mewujudkannya
dalam
pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki
rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam
aktivitas
sehari-
hari
3. Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton
II, serta
penerapannya
pada
gerak
makhluk
hidup
dan
gerak
benda
dalam
kehidupan
sehari-hari
C.
Tujuan
Pembelajaran
Menentukan
hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda melalui percobaan
D.
Rumusan
Masalah
Apakah pengaruh antara massa terhadap percepatan
benda?
E.
Hipotesis
Semakin
besar massa suatu benda maka akan semakin kecil percepatannya.
F.
Alat
dan Bahan
1.
Pita Ketik ticker time
2. Ticker time
3. Trolly
4. Benang yang tipis (senar)
5. Katrol
6. Papan Luncur
7. Beban
G.
Teori
Dasar
Hukum I Newton menyatakan
bahwa jika tidak ada gaya total yang bekerja pada sebuah benda, maka benda tersebut akan tetap diam, atau jika sedang bergerak,
akan
bergerak
lurus
beraturan (kecepatan konstan). Selanjutnya, apa yang terjadi jika sebuah gaya total
diberikan
pada
benda
tersebut?
Jika kita mendorong dengan gaya dua kali
lipat
semula, maka
kereta
belanja
mencapai 4 km/jam dalam waktu setengah kali sebelumnya. Ini menunjukkan percepatan kereta belanja dua kali
lebih
besar.
Jadi, percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya total yang diberikan. Selain bergantung pada gaya, percepatan benda juga bergantung pada massa. Jika kita mendorong kereta belanja yang
penuh
dengan
belanjaan, kita akan menemukan bahwa kereta yang penuh memiliki percepatan
yang lebih
lambat. Dapat
disimpulkan
bahwa semakin besar massa maka akan semakin kecil percepatannya,
meskipun
gayanya
sama. Jadi, percepatan sebuah benda berbanding terbalik dengan massanya. Hubungan ini selanjutnya dikenal sebagai HukumII Newton, yang bunyinya sebagai berikut: Percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya total yang
bekerja
padanya dan berbanding terbalik dengan massanya.
Arah
percepatan sama dengan arah gaya total
yang bekerja
padanya. Hukum II
Newton tersebut
dirumuskan
secara
matematis
dalam
persamaan:

dengan:
a = percepatan
(m/s2)
m = massa benda (kg)
ΣF =
resultan
gaya (N)
Satuan gaya menurut SI
adalah newton (N). Dengan demikian, satu newton adalah gaya yang
diperlukan
untuk
memberikan
percepatan
sebesar 1 m/s2 kepada massa1 kg. Dari definisi tersebut,
berarti 1 N = 1 kg.m/s2. Dalam satuan cgs, satuan massa adalah gram
(g). Satuan
gaya
adalah dyne, yang didefinisikan sebagai besar gaya yang diperlukan untuk member percepatan sebesar1
cm/s2 kepada massa 1 g.
Dengan
demikian, 1 dyne =1 g.cm/s2. Hal ini berarti 1
dyne = 10-5 N.
H.
Langkah
Percobaan

1) Prosedur Percobaan
1.1
Mencari
Hubungan
gaya
dan
percepatan
a.
Rangkailah
alat
dan
bahan
seperti
gambar
Keterangan
:
A = Pita Ketik ticker time
B = Ticker
time
C = Trolly
D = Benang yang tipis (senar)
E = Katrol
F = Papan Luncur
G = Beban
b.
Gunakan
1 trolly dengan beban yang digantung
mula-mula 1 buah
beban (50 gr), 2 buah (100
gr) (penambahan beban yang digantung
menunjukkan
penambahan
gaya yang bekerja
pada
trolly)
c.
Tahan
beban
dengan
tangan
d.
Nyalakan
ticker timer, kemudian lepaskan tangan yang menahan
beban
e.
Setelah
beban
menyentuh
lantai, matikan ticker timer
f.
Ambil
kertas
ketik ticker timer yang
telah terdapat tanda titik-titik
g.
Amati percepatannya melalui tanda
titik-titik dari kertas
ketik ticker timer
1.2.
Mencari
hubungan
massa
dengan
percepatan
a.
Ulangi
prosedur
kerja 1, tetapi
dengan
menggunakan
beban yang tergantung
tetap
dengan
beban 50 gr , sedangkan
trolly
berubah
dengan
menumpuk
trolly (penambahan
trolly
berarti
penambahan
massa
beban)
I.
Pertanyaan
1.
Apakah
hubungan
antara
percepatan yang timbul
dengan
gaya yang berkerja
pada
benda ?
(percobaan 1)
Jawab:
Dari percobaan 1 didapat bahwa
semakin besar gaya yang diberikan maka semakin besar percepatannyan. dapat
disimpulkan percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya total yang diberikan
2.
Apakah
hubungan
antara
percepatan yang timbul
dengan
massa yang berkerja
pada
benda ? (percobaan 2)
Jawab:
Dari
percobaan 2 didapat bahwa semakin besar massa suatu benda maka semakin lama
percepatannya. Ini berarti percepatan berbanding terbalik dengan massa.
3.
Apabila pada sebuah benda yang sedang bergerak
dengan percepatan tertentu kamu tambahkan massa bebannya, apakah yang terjadi
pada percepatan benda tersebut?
Jawab:
Percepatannya
akan semakin kecil dari percepatan semula ketika sebelum diberi beban.
4.
Jelaskan pengaruh penambahan massa dan gaya terhadap percepatan benda.
Jawab:
Semakin besar massa yang ditambahkan, maka semakin
kecil percepatannya. Sedangkan untuk penambahan gaya, semakin besar gaya yang
ditambahkan maka semakin besar percepatannya.
J.
Kesimpulan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar