Minggu, 05 April 2015

lks hukum newton 1



LEMBAR KERJA SISWA
HUKUM NEWTON I DAN PENERAPANNYA



Hari, Tanggal : Selasa, 3 Maret 2015

NAMA KELOMPOK :
1.  ......................................................................
2.  ......................................................................
3.  ......................................................................
4.  ......................................................................
5.  ......................................................................
6.  ......................................................................













LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Satuan Pendidikan           : SMA
Kelas/Semester                  : X / I
Materi Pokok                    : Dinamika Partikel
Judul Percobaan               : Hukum I Newton
Waktu                                : 20 Menit


 
A.    Kompetensi Inti :
KI. 1      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan     sikap sebagaibagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI. 3      Memahami dan menerapakan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI. 4      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar :
1.      Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari
3.      Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum  Newton I, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari

C.    Tujuan Pembelajaran
Membuktikan bahwa benda mempunyai sifat kelembaman

D.    Rumusan Masalah
Apakah suatu benda mempunyai sifat kelembaman atau tidak?

E.     Hipotesis
Ya, karena setiap benda pasti memiliki kecendrungan untuk mempertahankan keadaannya semula.

F.     Alat dan Bahan
1.      Kertas HVS I lembar
2.      Kotak Pensil
3.      Meja kecil

G.    Teori Dasar
Hukum I Newton
Apabila kamu naik sebuah bus, kemudian bus itu tiba tiba di rem, kamu akan terdorong ke depan. Bagaimana apabila bus tersebut maju tiba-tiba? Tentu kamu akan terdorong ke belakan. Ketika kamu mendorong sebuah balok di atas meja yang permukaannya datar kamu akan melihat bahwa balok tersebut akan cenderung bergerak dan kemudian berhenti. Akan tetapi, pada saat permukaan meja tersebut diperhalus, balok akan cenderung terus bergerak.
Kejadian tersebut dipelajari kali pertama oleh Sir Issac Newton dan dinyatakan sebagai Hukum I Newton yang menyatakan bahwa "suatu benda akan tetap diam atau tetapbergerak lurus beraturan jika resultan gaya yang bekerja padabenda itu sama dengan nol". Prinsip inilah yang menyebabkan kamu terdorong ke depan ketika bus tiba-tiba direm atau terdorong ke belakang ketika bus bergerak maju secara mendadak. Keadaan tersebut berhubungan dengan sifat kelembaman dirimu. Oleh sebab itu, Hukum I Newton dikenal dengan hukum kelembaman.

H.    Langkah Percobaan
1.         Letakkan selembar kertas di atas meja, kemudian letakkan sebuah kotak pensil  di atas kertas itu.
2.         Tariklah kertas itu secara horisontal dengan sekali sentakan.
3.         Lakukan kegiatan tersebut beberapa kali. Ulangi kegiatan di atas, tetapi dengan cara yang sedikit berbeda. Tariklah kertas secara perlahan-lahan, lalu hentikan secara mendadak. Lakukan kegiatan tersebut beberapa kali.

I.       Pertanyaan
1.      Apakah kotak pensil cenderung diam ketika diganggu dengan sekali sentakan?
Jawab:
Ya, karena gaya yang bekerja pada kertas berlangsung sangat singkat sehingga tidak mempengaruhi kotak pensil.
                                            
2.      Berapakah resultan gaya benda yang sedang diam?
Jawab:
Resultan gaya benda yang sedang diam adalah 0 (ƩF=0)

3.      Apa yang terjadi pada kotak pensil ketika kertas ditarik secara perlahan ?
Jawab:
Kotak pensil akan ikut bergerak bersama kertas, hal ini disebabkan gaya yang bekerja pada kertas berlangsung lama sehingga ikut menarik kertas.

J.       Kesimpulan
      Dalam praktikum ini, kotak pensil mempertahankan keadaannya semula, 
kecendrungan kotak pensil untuk mempertahankan keadaannya dinamakan 
kelembaman atau sering dikenal inersia. Hal ini sesuai dengan Hukum 1 
newton yang berbunyi benda diam akan tetap diam dan benda bergerak 
akan tetap bergerak dengan kecepatan konstan jika tidak ada gaya luar
 



1 komentar:

LDS Tumbukan

LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS) Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester        : X / II Materi Pokok          : Impuls dan Momentum Jud...