Minggu, 05 April 2015

lks hukum newton III dan penerapannya



LEMBAR KERJA SISWA
HUKUM NEWTON III DAN PENERAPANNYA



Hari, Tanggal : Selasa, 3 Maret 2015

NAMA KELOMPOK :
1.  ......................................................................
2.  ......................................................................
3.  ......................................................................
4.  ......................................................................
5.  ......................................................................
6.  ......................................................................














LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Satuan Pendidikan           : SMA
Kelas/Semester                  : X / I
Materi Pokok                    : Dinamika Partikel
Judul Percobaan               : Hukum III Newton
Waktu                                : 20 Menit


 
A.    Kompetensi Inti :
KI. 1      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan     sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI. 3      Memahami dan menerapakan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI. 4      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar :
1.      Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari
3.      Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum  Newton I, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari

C.    Tujuan Pembelajaran :
Membuktikan bahwa jika suatu benda diberikan Faksi  maka benda tersebut akan memberikan Freaksi

D.    Rumusan Masalah
Jika suatu benda diberikan Faksi  apakah benda tersebut akan memberikan Freaksi ? bagaimana dengan arahnya ?

E.     Hipotesis
Iya, arahnya berlawannan

F.     Alat dan Bahan
1.      Neraca Pegas 2 buah
2.      Beban (50 gr, 70 gr )

G.    Teori Dasar
Hukum II Newton menjelaskan secara kuantitatif bagaimana gaya-gaya memengaruhi gerak. Tetapi kita mungkin bertanya, dari mana gaya-gaya itu datang? Berdasarkan pengamatan membuktikan bahwa gaya yang diberikan pada sebuah benda selalu diberikan oleh benda lain. Sebagai contoh, seekor kuda yang menarik kereta, tangan seseorang mendorong meja, martil memukul/mendorong paku, atau magnet menarik paku. Contoh tersebut menunjukkan bahwa gaya diberikan pada sebuah benda, dan gaya tersebut diberikan oleh benda lain, misalnya gaya yang diberikan pada meja diberikan oleh tangan.
Newton menyadari bahwa hal ini tidak sepenuhnya seperti itu. Memang benar tangan memberikan gaya pada meja, tampak seperti pada Gambar 4.9. Tetapi meja tersebut jelas memberikan gaya kembali kepada tangan. Dengan demikian, Newton berpendapat bahwa kedua benda tersebut harus dipandang sama. Tangan memberikan gaya pada meja, dan meja memberikan gaya balik kepada tangan. Hal ini merupakan inti dari Hukum III Newton, yaitu:
Ketika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua tersebut memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah terhadap benda pertama.

Hukum III Newton ini kadang dinyatakan sebagai hukum aksi-reaksi, “untuk setiap aksi ada reaksi yang sama dan berlawanan arah”. Untuk menghindari kesalahpahaman, sangat penting untuk mengingat bahwa gaya “aksi” dan gaya “reaksi” bekerja pada benda yang berbeda. Kebenaran Hukum III Newton dapat ditunjukkan dengan contoh berikut ini. Perhatikan tangan kalian ketika mendorong ujung meja. Bentuk tangan kalian menjadi berubah, bukti nyata bahwa sebuah gaya bekerja padanya. Kalian bisa melihat sisi meja menekan tangan kalian. Mungkin kalian bahkan bisa merasakan bahwa meja tersebut memberikan gaya pada tangan kalian; rasanya sakit! Makin kuat kalian mendorong meja itu, makin kuat pula meja tersebut mendorong balik. Perhatikan bahwa kalian hanya merasakan gaya yang diberikan pada kalian, bukan gaya yang kalian berikan pada benda-benda lain.

H.    Langkah Percobaan
Prosedur Percobaan Aksi Reaksi pada beban yang bergantung
1.      Susunlah kedua neraca pegas dengan bagian ujung neraca bertemu dengan bagian kepala neraca dan tahan dengan tangan
2.      Letakkan beban pada ujung neraca (mulai dari 50 gr, 70 gr )
3.      Baca skala yang ditunjukkan oleh  kedua neraca
Tabel Kerja
No
Beban
Neraca Pegas
Neraca Pegas 1
Neraca Pegas 1
1
50 gr


2
70 gr



I.       Pertanyaan
1.      Apakah skala pada kedua pegas menunjukkan angka yang sama ? jika tidak apakah yang menyebabkan hal ini terjadi ?
Jawab:
                        Tidak, karena neraca pegas 1 mendapat tambahan beban dari pegas 2

2.      Dari percobaan tersebut manakah yang termasuk aksi dan reaksi ?
Jawab:
                    Yang termasuk aksi adalah gaya yang diberikan oleh benda yang arahnya kebawah. Sedangkan yangg termasuk reaksi adalah gaya oleh neraca pegas yang arahnya ke atas

3.      Apakah penyebab adanya gaya aksi dan reaksi ?
Jawab:
                      Dari percobaan, karena pegas diberi beban dan beban memberi gaya kepada pegas dan pegas memberi gaya pada beban. Sehingga terjadilah gaya aksi dan gaya reaksi.

4.      Berikan contoh benda yang menggunakan prinsip hukum 3 newton ?
Jawab:
            seekor kuda yang menarik kereta, tangan seseorang mendorong meja, martil memukul/mendorong paku, atau magnet menarik paku

J.        Kesimpulan
Ketika suatu benda memberikan gaya pada benda yang lain, benda yang lain itu juga 
akan memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah terhadap benda pertama.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LDS Tumbukan

LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS) Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester        : X / II Materi Pokok          : Impuls dan Momentum Jud...