LEMBAR KERJA SISWA
HUKUM NEWTON III DAN PENERAPANNYA
Hari, Tanggal : Selasa, 3 Maret
2015
NAMA KELOMPOK :
1.
......................................................................
2.
......................................................................
3.
......................................................................
4.
......................................................................
5.
......................................................................
6.
......................................................................
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X / I
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Judul Percobaan : Hukum III Newton
Waktu : 20 Menit
![]() |
A.
Kompetensi
Inti :
KI. 1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI. 3 Memahami
dan menerapakan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI. 4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajari disekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar :
1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan
tentang
aspek
fisik dan kimiawi, kehidupan
dalam ekosistem,
dan peranan manusia dalam lingkungan
serta
mewujudkannya
dalam
pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki
rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam
aktivitas
sehari-
hari
3. Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton
I, serta
penerapannya
pada
gerak
makhluk
hidup
dan
gerak
benda
dalam
kehidupan
sehari-hari
C.
Tujuan Pembelajaran :
Membuktikan bahwa jika suatu benda diberikan Faksi maka benda tersebut akan memberikan Freaksi
D.
Rumusan
Masalah
Jika suatu benda diberikan Faksi
apakah benda tersebut akan
memberikan Freaksi ? bagaimana dengan arahnya ?
E.
Hipotesis
Iya,
arahnya berlawannan
F.
Alat
dan Bahan
1. Neraca Pegas 2 buah
2. Beban (50 gr, 70 gr )
G.
Teori
Dasar
Hukum
II Newton menjelaskan secara kuantitatif bagaimana gaya-gaya memengaruhi gerak.
Tetapi kita mungkin bertanya, dari mana gaya-gaya itu datang? Berdasarkan
pengamatan membuktikan bahwa gaya yang diberikan pada sebuah benda selalu
diberikan oleh benda lain. Sebagai contoh, seekor kuda yang menarik kereta,
tangan seseorang mendorong meja, martil memukul/mendorong paku, atau magnet
menarik paku. Contoh tersebut menunjukkan bahwa gaya diberikan pada sebuah benda,
dan gaya tersebut diberikan oleh benda lain, misalnya gaya yang diberikan pada
meja diberikan oleh tangan.
Newton
menyadari bahwa hal ini tidak sepenuhnya seperti itu. Memang benar tangan
memberikan gaya pada meja, tampak seperti pada Gambar 4.9. Tetapi meja tersebut
jelas memberikan gaya kembali kepada tangan. Dengan demikian, Newton
berpendapat bahwa kedua benda tersebut harus dipandang sama. Tangan memberikan
gaya pada meja, dan meja memberikan gaya balik kepada tangan. Hal ini merupakan
inti dari Hukum III Newton, yaitu:
Ketika
suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua tersebut memberikan
gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah terhadap benda pertama.
Hukum
III Newton ini kadang dinyatakan sebagai hukum aksi-reaksi, “untuk setiap aksi
ada reaksi yang sama dan berlawanan arah”. Untuk menghindari kesalahpahaman,
sangat penting untuk mengingat bahwa gaya “aksi” dan gaya “reaksi” bekerja pada
benda yang berbeda. Kebenaran Hukum III Newton dapat ditunjukkan dengan contoh
berikut ini. Perhatikan tangan kalian ketika mendorong ujung meja. Bentuk
tangan kalian menjadi berubah, bukti nyata bahwa sebuah gaya bekerja padanya.
Kalian bisa melihat sisi meja menekan tangan kalian. Mungkin kalian bahkan bisa
merasakan bahwa meja tersebut memberikan gaya pada tangan kalian; rasanya
sakit! Makin kuat kalian mendorong meja itu, makin kuat pula meja tersebut
mendorong balik. Perhatikan bahwa kalian hanya merasakan gaya yang diberikan
pada kalian, bukan gaya yang kalian berikan pada benda-benda lain.
H.
Langkah Percobaan
Prosedur
Percobaan Aksi Reaksi pada beban yang bergantung
1.
Susunlah
kedua neraca pegas dengan bagian ujung neraca bertemu dengan bagian kepala
neraca dan tahan dengan tangan
2.
Letakkan
beban pada ujung neraca (mulai dari 50 gr, 70 gr )
3.
Baca
skala yang ditunjukkan oleh kedua neraca
Tabel
Kerja
No
|
Beban
|
Neraca Pegas
|
|
Neraca Pegas 1
|
Neraca Pegas 1
|
||
1
|
50 gr
|
|
|
2
|
70 gr
|
|
|
I.
Pertanyaan
1. Apakah skala
pada kedua pegas menunjukkan angka yang sama ? jika tidak apakah yang
menyebabkan hal ini terjadi ?
Tidak,
karena neraca pegas 1 mendapat tambahan beban dari pegas 2
2. Dari percobaan
tersebut manakah yang termasuk aksi dan reaksi ?
Jawab:
Yang termasuk aksi adalah
gaya yang diberikan oleh benda yang arahnya kebawah. Sedangkan yangg termasuk reaksi
adalah gaya oleh neraca pegas yang arahnya ke atas
3. Apakah penyebab
adanya gaya aksi dan reaksi ?
Jawab:
Dari percobaan, karena
pegas diberi beban dan beban memberi gaya kepada pegas dan pegas memberi gaya
pada beban. Sehingga terjadilah gaya aksi dan gaya reaksi.
4. Berikan contoh benda
yang menggunakan prinsip hukum 3 newton ?
Jawab:
seekor
kuda yang menarik kereta, tangan seseorang mendorong meja, martil
memukul/mendorong paku, atau magnet menarik paku
J.
Kesimpulan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar