RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMPN 12 Kota
Bengkulu
Kelas/Semester : VII/1 (Satu)
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (Fisika)
Materi Pokok :
Wujud Zat
Alokasi waktu : 2
X 40 Menit (1x Pertemuan)
Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya.
Kompetensi Dasar : 3.3 Melakukan
percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
1. Menyelidiki proses pemuaian pada zat gas.
2. Menghitung besarnya pemuaian pada zat gas.
3. Menyelidiki proses pemuaian pada zat cair.
4. Menghitung besarnya pemuaian pada zat cair.
I.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat memahami percobaan pemuaian pada
zat gas.
2.
Siswa dapat menghitung besarnya pemuaian pada zat gas.
3.
Siswa dapat memahami percobaan pemuaian pada zat cair.
4.
Siswa dapat menghitung besarnya pemuaian pada zat cair.
II. Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
Rasa hormat dan perhatian
Tekun
Tanggung jawab
Ketelitian
III. Materi Pembelajaran : Pemuaian Zat
IV. Metode Pembelajaran :
1.
Demonstrasi
2. Diskusi kelompok
Model pembelajaran : Cooperative
Learning
V.
Sumber
belajar
1.
Sumber Pembelajaran :
Buku IPA kelas VII dan LKS
VI. Langkah-langkah Kegiatan
Tahap Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru
mengucapkan salam dan meminta ketua kelas memimpin doa sebelum kegiatan
pembelajaran dimulai.
2. Guru
mengecek kehadiran siswa
3. Apersepsi:
·
“Pernahkah kalian mengamati balon udara ? jika
pernah apa yang menyebabkan balon udara dapat terbang ?”
·
“Apakah kalian pernah mengisi angin untuk ban sepeda
? jika pernah, apakah kalian isi penuh apa sedikit longgar ?” mengapa ?”
·
“Apakah kalian pernah memperhatikan air yang
sedang mendidih ? jika pernah, apa yang terjadi pada air tersebut ?”
·
Guru memberi apresiasi kepada siswa yang
menjawab “ ya bagus sekali ya jawabannya”. “kira-kira itu tadi beberapa
contoh pemuaian pada zat apa saja ?”.
4. Prasyarat
Pengetahuan :
·
Alat apakah yang dapat digunakan untuk
menyelidiki pemuaian pada zat gas ?
·
Alat apakah yang dapat digunakan untuk
menyelidiki pemuaian pada zat gas ?
5. Pra
demonstrasi :
·
Perhatikan secara cermat apa yang akan ibu
peragakan didepan.
6. Guru
menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
v
Eksplorasi
1. Guru
menjelaskan sedikit tentang konsep pemuaian gas pada balon udara.
2. Guru
mengajak siswa membuktikan pemuaian pada zat gas
![]()
v
Elaborasi
1.
Guru membagi kelompok masing-masing
beranggotakan 4-5 orang.
2.
Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS) yang
telah disiapkan oleh guru untuk dikerjakan para siswa secara kelompok.
3.
Guru mendemonstrasikan cara kerja pemuaian zat
gas. Siswa mengamati.
4.
Siswa diberi tugas untuk mengisi lembar kerja
siswa (LKS).
5.
Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi
kelompok.
6.
Guru melanjutkan ke percobaan pada zat cair
“nah untuk zat gas kan sudah kita buktikan melalui percobaan, sekarang kita
akan membuktikan juga untuk pemuaian pada zat cair. Apakah benar zat cair
mengalami pemuaian ? untuk membuktikannya kita akan melakukan percobaan
secara bersama-sama”.
7.
Guru mendemonstrasikan cara kerja pemuaian zat
cair. siswa mengamati.
8.
Siswa mengisi lembar kerja siswa (LKS).
9.
Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi
kelompok.
10.
Guru melakukan penilaian tentang hasil diskusi
kelompok.
11.
Guru menilai keterampilan siswa dalam kerja
sama kelompok.
v
Konfirmasi
1. Salah
satu perwakilan kelompok diminta untuk
menuliskan hasil yang didapat dari diskusi di depan kelas, dan siswa
yang lain menyimak hasil paparan kelompok tersebut dan bebas bertanya jika
kurang paham atau kurang setuju.
2. Guru
menguatkan jawaban siswa.
3. Guru
memberikan penghargaan berupa pujian untuk masing-masing kelompok.
4. Guru
menyuruh siswa untuk mengumpulkan hasil percobaan yang dilakukan.
|
5
menit
35
menit
10
menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama dengan siswa dan / atau sendiri
membuat rangkuman / simpulan percobaan.
2.
Guru membimbing siswa untuk menemukan rumus
untuk zat gas.
3.
Guru membimbing siswa untuk menemukan rumus
untuk zat cair.
4.
Guru memberikan beberapa contoh soal hitungan
kepada siswa.
5.
Bersama-sama dengan siswa menyelesaikan
contoh-contoh soal.
|
20
menit
|
VII.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menyelidiki
proses pemuaian pada zat
gas
·
Menghitung besarnya pemuaian pada zat gas
·
Menyelidiki proses pemuaian pada zat cair
·
Menghitung besarnya pemuaian pada zat cair.
|
Observasi
Tes Unjuk kerja
Tes
tertulis
|
Lembar observasi
Uji petik kerja prosedur dan produk
uraian
|
1. Suatu
ruangan berisi 10 m3 udara pada suhu 25 0C. Berapakah
volume udara dalam ruangan tersebut jika suhunya naik menjadi 30 0C
(koefisien muai volume udara adalah 0,00367 0C-1) ?
2. Bejana kaca pada suhu 0 0C berisi penuh dengan 100 cm3 raksa. Jika suhunya dijadikan 20 0C,
berapa volume raksa yang tumpah? (koefisien muai panjang kaca = 0,000009/0C, koefisien muai raksa = 0,00018/0C) ?
|
Bengkulu, November 2016
Kepala
Sekolah
![]()
Nip.
|
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Fisika
NPM. A1E013035
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar