RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMPN 12 Kota
Bengkulu
Kelas/Semester : VII/1 (Satu)
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (Fisika)
Materi Pokok :
Wujud Zat
Alokasi waktu : 2
X 40 Menit (1x Pertemuan)
Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya.
Kompetensi Dasar : 3.3 Melakukan
percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
1. Menyelidiki proses pemuaian pada zat padat, cair dan gas.
2. Melakukan Eksperimen zat padat
I.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat memahami pengertian pemuaian.
2.
Siswa dapat memahami percobaan muai panjang pada zat padat
II.
Materi
Pembelajaran : Pemuaian Zat
III. Metode Pembelajaran :
1. Diskusi kelompok
2.
Demonstrasi
Model pembelajaran : Cooperative
Learning
IV. Sumber belajar
1.
Sumber Pembelajaran :
Buku IPA kelas VII dan LKS
V.
Langkah-langkah
Kegiatan
Tahap Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru
mengucapkan salam dan meminta ketua kelas memimpin doa sebelum kegiatan pembelajaran
dimulai.
2. Guru
mengecek kehadiran siswa
3. Apersepsi:
·
“pernahkah kalian mengamati jendela rumah
kalian ? jika pernah apakah yang terjadi pada kaca jendela pada siang hari
dan malam hari ?”
·
Jika belum tahu, ibu akan berikan contoh satu
lagi. “misal kalian berada di suatu ruangan yang kecil dengan beberapa orang
didalamnya, pada hari hujan apa yang akan kalian lakukan ? jika hari panas,
apa yang kalian lakukan ?
·
Guru memberi apresiasi kepada siswa yang
menjawab “ ya bagus sekali ya jawabannya”. “Dari contoh yang ibu kasih tadi,
kira-kira ada yang tahu apa itu pengertian dari pemuaian ?”
4. Prasyarat
Pengetahuan :
·
Apa pengertian pemuaian ?
·
Apa saja contoh pemuaian dalam kehidupan
sehari-hari ?
5. Pra
demonstrasi :
·
Perhatikan secara cermat apa yang akan ibu peragakan
didepan.
6. Guru
menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
v
Eksplorasi
1. Guru
menjelaskan pengertian pemuaian secara benar dan jelas.
2. Guru
menjelaskan pemuaian pada zat padat, cair, dan gas.
3. Guru
dan siswa memberikan contoh penerapan konsep pemuaian dalam kehidupan
sehari-hari.
v
Elaborasi
1.
Guru membagi kelompok masing-masing
beranggotakan 4-5 orang.
2.
Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS) yang
telah disiapkan oleh guru untuk dikerjakan para siswa secara kelompok.
3.
Guru mendemonstrasikan cara kerja pemuaian zat
padat menggunakan musschenbroek. Siswa mengamati.
4.
Siswa diberi tugas untuk mengisi lembar
diskusi siswa (LKS).
5.
Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi
kelompok.
6.
Guru melakukan penilaian tentang hasil diskusi
kelompok.
7.
Guru menilai keterampilan siswa dalam kerja
sama kelompok.
v
Konfirmasi
1. Salah
satu perwakilan kelompok diminta untuk mengemukakan hasil yang didapat dari
diskusi di depan kelas, dan siswa yang
lain menyimak hasil paparan kelompok tersebut dan bebas bertanya jika kurang
paham atau kurang setuju.
2. Guru
menguatkan jawaban siswa.
3. Guru
memberikan penghargaan berupa pujian untuk masing-masing kelompok.
4. Guru
menyuruh siswa untuk mengumpulkan hasil percobaan yang dilakukan.
|
50 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama dengan peserta didik dan / atau
sendiri membuat rangkuman / simpulan
pelajaran.
2.
Melakukan penilaian dan / atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3.
Memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran.
4.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik.
|
15 menit
|
VI. Penilaian
Hasil Belajar
1. Aspek
Afektif
·
Sikap siswa saat proses pembelajaran dan
mengerjakan tugas serta saat melakukan percobaan (untuk pengecekan nilai
karakter)
No
|
Nama
|
Perilaku/nilai
karakter
|
Skor
|
Nilai
|
Ket
|
|||||
Kedisiplinan
|
Tanggung jawab
|
Ingin Tahu
|
Kerja sama
|
Jujur
|
Peduli sosial
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian :
·
Keterangan :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = amat baik
·


Keterangan diisi dengan kriteria :
Nilai = 10-29, Sangat Kurang
Nilai = 30-49, Kurang
Nilai = 50-69, Cukup
Nilai = 70-89, Baik
Nilai = 90-100, Sangat Baik
2. Aspek Psikomotor
·
Presentasi hasil eksperimen :
Aspek yang Dinilai dalam Presentasi
|
Skor Maksimum
|
Skor yang Diperoleh
|
Penyampaian materi
|
30
|
|
Menjawab pertanyaan
|
30
|
|
Mempertahankan ide
|
20
|
|
Penggunaan bahasa
|
10
|
|
Kemampuan bertanya
|
10
|
|
Jumlah
|
100
|
|
Nilai
akhir = jumlah skor yang diperoleh/jumlah skor maks X 100
3. Aspek Kognitif
Soal Evaluasi
terlampir
Bengkulu,
November 2016
Kepala Sekolah
![]()
Nip.
|
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Fisika
Nip.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar