Minggu, 20 November 2016

RPP KTSP SMP materi Wujud zat (massa jenis)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             : SMPN 12 Kota Bengkulu
Kelas/Semester                 : VII/1 (Satu)
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika)
Materi Pokok                   : Wujud Zat
Alokasi waktu                  : 2 X 40 Menit

Standar Kompetensi       :    3.   Memahami wujud zat dan perubahannya.

Kompetensi Dasar           :     3.2   Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                          :
1.      Memahami pengertian massa jenis
2.      Menghitung massa jenis suatu zat
3.      Memahami pengaruh massa dan volume terhadap massa jenis suatu zat.
4.      Menerapkan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

I.     Tujuan pembelajaran
1.      Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat menjelaskan pengertian massa jenis.
2.      Siswa dapat menghitung massa jenis suatu zat.
3.      Siswa dapat memahami pengaruh massa dan volume terhadap massa jenis suatu zat.
4.      Siswa dapat menerapkan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari dengan baik melalui proses pembelajaran massa jenis suatu zat.

II.      Metode pembelajaran
1.      Demonstrasi
2.      Eksperimen
3.      Tanya jawab
Model pembelajaran : Cooperative Learning

III.    Sumber belajar
1.      Sumber Pembelajaran   : Buku IPA kelas VII dan LKS

IV.   Langkah-langkah pembelajaran
PertemuanKe-
Tahap (Fase)
Rincian Kegiatan
Alokasi Waktu
1











































Kegiatan awal
1.      Guru mengucapkan salam dan meminta salah seorang siswa memimpin doa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Apersepsi:
·      “Pernahkan kalian melihat batu apung? Apa yang terjadi jika batu apung itu dimasukkan ke dalam air? Apakah batu apung itu ringan? Apa yang membedakan batu apung dengan batu biasa?”
·      Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran.
10 menit
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
1.    Guru bertanya kepada siswa tentang konsep massa jenis benda dari contoh kasus yang sudah diberikan.
2.    Guru menjelaskan pengertian massa jenis secara benar dan jelas.
3.    Guru menjelaskan rumus massa jenis benda dan satuan internasionalnya.
4.    Guru menjelaskan tabel beberapa zat dengan massa jenis yang berbeda.
5.    Guru memberikan contoh penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

v Elaborasi
1.      Guru bertanya kepada siswa apa yang kurang jelas tentang materi massa jenis benda.
2.      Guru membagi kelompok masing-masing beranggotakan 5-6 orang.
3.      Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah disiapkan oleh guru untuk dikerjakan para siswa secara kelompok dalam percobaan tentang pengukuran massa jenis benda.
4.      Siswa diberi tugas mengisi tabel pengamatan dan mengisi analisis data yang telah disediakan dalam lembar kerja siswa (LKS).
5.    Siswa dipersilahkan mengerjakan percobaan pengukuran massa jenis benda.
6.    Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok.
7.    Guru melakukan penilaian tentang hasil eksperimen kelompok.
8.    Guru menilai keterampilan siswa dalam kerja sama kelompok.

v  Konfirmasi
1.    Salah satu perwakilan kelompok diminta untuk  mengemukakan hasil yang didapat dari eksperimen  di depan kelas, dan siswa yang lain menyimak hasil paparan kelompok tersebut dan bebas bertanya jika kurang paham atau kurang setuju.
2.    Guru menguatkan jawaban siswa.
3.    Memberikan penghargaan berupa pujian untuk masing-masing kelompok.
4.    Guru menyuruh siswa untuk mengumpulkan hasil percobaan yang dilakukan.
55 menit
Kegiatan Akhir
1.    Guru menyamakan persepsi siswa untuk menarik kesimpulan tentang pengertian massa jenis dan formulasinya.
2.    Guru memberikan soal evaluasi berupa post test
3.    Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari informasi mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
Contoh: untuk tugas dirumah, silahkan baca-baca materi yang akan kita pelajari minggu depan yaitu pemuaian.
15 menit


V.      Penilaian
1.      Aspek Afektif
·         Sikap siswa saat proses pembelajaran dan mengerjakan tugas serta saat melakukan percobaan (untuk pengecekan nilai karakter)
No
Nama
Perilaku/nilai karakter
Skor
Nilai
Ket
Kedisiplinan
Tanggung jawab
Ingin Tahu
Kerja sama
Jujur
Peduli soaial














































































































Rubrik penilaian :                                      
·         Keterangan :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = amat baik
·        

Keterangan diisi dengan kriteria :
Nilai = 10-29, Sangat Kurang
Nilai = 30-49, Kurang
Nilai = 50-69, Cukup
Nilai = 70-89, Baik
Nilai = 90-100, Sangat Baik

2. Aspek Psikomotor                                      
·      Presentasi hasil eksperimen :
Aspek yang Dinilai dalam Presentasi
Skor Maksimum
Skor yang Diperoleh
Penyampaian materi
30

Menjawab pertanyaan
30

Mempertahankan ide
20

Penggunaan bahasa
10

Kemampuan bertanya
10

Jumlah
100

Nilai akhir = jumlah skor yang diperoleh/jumlah skor maks X 100

3. Aspek Kognitif
Soal Evaluasi (uraian)
1.        Apa pengertian massa jenis?  (skor 15)
2.        Sebuah balok kuningan mempunyai panjang 5 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 2 cm. Berapakah massa balok kuningan tersebut ? (ρ kuningan = 8,4 g/cm3) (skor 25)
3.        Suatu gelas ukur mula-mula diisi air sampai ketinggian 50 ml. Setelah diisi batu, tinggi air naik sampai 65 ml. Hitunglah massa jenis batu jika diketahui massa batu 90 gram ? (skor  25)
4.        Massa gelas ukur kosong 150 gram, sedangkan massa gelas ukur yang berisi air 240 gram. Tentukan volume air yang mengisi gelas ukur tersebut ? (ρ air = 1 g /cm3) (Skor 25)
           Jawaban soal
1.      Massa jenis adalah massa persatuan volume.

2.      diketahui :   p balok = 5 cm, l balok = 3 cm, t balok=2cm
ρ kuningan = 8,4 g/cm3
ditanya :      m balok ?
Jawab
ρ = m/v
v =  p x l x t
   =  5 cm x 3 cm x 2 cm
   = 30 cm3
               
m = ρ. v
    = 8,4 g/cm3. 30 cm3
    = 252 gram.

                  3.      diketahui : h awal = 50 ml
      h akhir = 65 ml
      m batu = 90 g
                 ditanya    : ρ batu ?
                 jawab       :
                          v = h akhir - h awal
                                       = 65 ml – 50 ml
                             = 15 ml
                             = 15 x 10-3
                                 = 0,015 liter
                             = 0,015 dm3
                                       =15 cm3
           
                           ρ = m/v
                              =  90 g/ 15 cm3
                              = 6 g/ cm3

                   4.      diketahui :       m kosong = 150 gram
m berisi = 240 gram
ρ air      = 1 g/cm3
                   ditanya :          Volume air ?
                   jawab :
                             m air = m berisi - m kosong
                                                = 240 g – 150 g
                                      = 90 g
                                  v = m/ ρ
                                     = 90 g / 1 g/cm3    
                                     = 90 cm3



Bengkulu,    November 2016

Kepala Sekolah




 

Nip.
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Fisika






Nip.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LDS Tumbukan

LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS) Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester        : X / II Materi Pokok          : Impuls dan Momentum Jud...