RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMPN 12 Kota
Bengkulu
Kelas/Semester : VII/1 (Satu)
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (Fisika)
Materi Pokok :
Wujud Zat
Alokasi waktu : 2
X 40 Menit
Standar
Kompetensi : 3.
Memahami wujud zat dan perubahannya.
Kompetensi Dasar : 3.2 Mendeskripsikan
konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
1.
Memahami pengertian
massa jenis
2. Menghitung
massa jenis suatu zat
3. Memahami
pengaruh massa dan volume terhadap massa jenis suatu zat.
4. Menerapkan
konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
I.
Tujuan
pembelajaran
1. Setelah
mengikuti pembelajaran siswa dapat menjelaskan pengertian massa jenis.
2. Siswa
dapat menghitung massa jenis suatu zat.
3. Siswa
dapat memahami pengaruh massa dan volume terhadap massa jenis suatu zat.
4. Siswa
dapat menerapkan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari dengan baik
melalui proses pembelajaran massa jenis suatu zat.
II.
Metode
pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Eksperimen
3. Tanya
jawab
Model
pembelajaran : Cooperative Learning
III.
Sumber
belajar
1.
Sumber Pembelajaran :
Buku IPA kelas VII dan LKS
IV.
Langkah-langkah
pembelajaran
V.
Penilaian
1. Aspek
Afektif
·
Sikap siswa saat proses pembelajaran dan
mengerjakan tugas serta saat melakukan percobaan (untuk pengecekan nilai
karakter)
No
|
Nama
|
Perilaku/nilai
karakter
|
Skor
|
Nilai
|
Ket
|
|||||
Kedisiplinan
|
Tanggung jawab
|
Ingin Tahu
|
Kerja sama
|
Jujur
|
Peduli soaial
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian :
·
Keterangan :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = amat baik
·
Keterangan diisi dengan kriteria :
Nilai = 10-29, Sangat Kurang
Nilai = 30-49, Kurang
Nilai = 50-69, Cukup
Nilai = 70-89, Baik
Nilai = 90-100, Sangat Baik
2. Aspek Psikomotor
·
Presentasi hasil eksperimen :
Aspek yang Dinilai dalam Presentasi
|
Skor Maksimum
|
Skor yang Diperoleh
|
Penyampaian materi
|
30
|
|
Menjawab pertanyaan
|
30
|
|
Mempertahankan ide
|
20
|
|
Penggunaan bahasa
|
10
|
|
Kemampuan bertanya
|
10
|
|
Jumlah
|
100
|
|
Nilai
akhir = jumlah skor yang diperoleh/jumlah skor maks X 100
3. Aspek Kognitif
Soal Evaluasi (uraian)
1.
Apa pengertian massa
jenis? (skor 15)
2.
Sebuah balok
kuningan mempunyai panjang 5 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 2 cm. Berapakah massa
balok kuningan tersebut ? (ρ kuningan = 8,4 g/cm3) (skor
25)
3.
Suatu gelas ukur
mula-mula diisi air sampai ketinggian 50 ml. Setelah diisi batu, tinggi air
naik sampai 65 ml. Hitunglah massa jenis batu jika diketahui massa batu 90 gram
? (skor 25)
4.
Massa gelas ukur
kosong 150 gram, sedangkan massa gelas ukur yang berisi air 240 gram. Tentukan
volume air yang mengisi gelas ukur tersebut ? (ρ air = 1 g /cm3)
(Skor 25)
Jawaban soal
1. Massa
jenis adalah massa persatuan volume.
2. diketahui
: p balok = 5 cm, l balok
= 3 cm, t balok=2cm
ρ kuningan = 8,4 g/cm3
ditanya : m balok ?
Jawab
ρ = m/v
v = p x l x t
= 5
cm x 3 cm x 2 cm
= 30 cm3
m = ρ. v
= 8,4 g/cm3. 30 cm3
= 252 gram.
3. diketahui : h awal = 50 ml
h akhir
= 65 ml
m batu
= 90 g
ditanya : ρ batu
?
jawab :
v = h akhir - h awal
=
65 ml – 50 ml
= 15 ml
= 15 x 10-3
= 0,015 liter
= 0,015 dm3
=15 cm3
ρ = m/v
= 90 g/ 15 cm3
= 6 g/ cm3
4. diketahui : m
kosong = 150 gram
m berisi = 240 gram
ρ air = 1 g/cm3
ditanya : Volume
air ?
jawab :
m air = m berisi - m kosong
= 240 g – 150 g
= 90 g
v = m/ ρ
= 90 g / 1 g/cm3
= 90 cm3
Bengkulu,
November 2016
Kepala Sekolah
Nip.
|
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Fisika
Nip.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar