LEMBAR
DISKUSI SISWA (LDS)
SIKLUS
I
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X / II
Materi Pokok : Impuls dan Momentum
Judul Diskusi : Konsep Impuls dan Momentum
Waktu : 15 Menit
Nama
Kelompok :
1.
|
4.
|
2.
|
5.
|
3.
|
6.
|
A.
Kompetensi
Dasar
3.10 Menerapkan konsep momentum dan
impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
Mendiskusikan konsep impuls dan
momentum dalam kehidupan sehari-hari
B.
Tujuan
1. Siswa
dapat mengetahui besar momentum
2. Siswa
dapat mengetahui gaya impuls yang bekerja pada suatu benda
C.
Diskusi
Masalah (stimulus)
Permasalahan 1
![]()
Gambar 1
|
![]()
Gambar 2
|
||||
Deskripsi gambar:
Gambar
1. Dua buah bola bergelinding dengan massa yang berbeda tetapi kecepatan sama
Gambar
2. Dua buah bola menggelinding dengan massa yang sama tetapi kecepatan bola b
lebih cepat dari bola a
|
|||||
Permasalahan
2
|
|||||
![]()
Jika
Anda tendang sebuah bola yang sedang diam. Walaupun kontak antara
kaki Anda dan
bola hanya sesaat,
namun bola dapat
bergerak dengan kecepatan tertentu.
|
D.
Rumusan
Masalah (menyatakan
masalah)
a. Bagaimana
besar momentum pada suatu benda?
b. Bagaimana
gaya impuls yang bekerja pada tendangan bola?
E.
Hipotesis
(menyatakan masalah)
|
F.
Pertanyaan
Diskusi
1. Pada
gambar no 1, bola manakah yang sulit dihentikan? Mengapa?
Jawaban: ......................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
2. Pada
gambar no 2, bola manakah yang sulit dihentikan? Mengapa?
Jawaban: ......................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
3. Rumuskan
secara matematis, konsep momentum!
Jawaban: .......................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
4. Gaya
apa yang terjadi pada permasalahan 2 ? Jelaskan!
Jawaban: .......................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
5. Rumuskan
secara matematis konsep impuls!
Jawaban: .......................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
G.
Kesimpulan
![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar