Selasa, 26 September 2017

LDS Konsep Impuls dan Momentum

LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS)
SIKLUS I
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester        : X / II
Materi Pokok          : Impuls dan Momentum
Judul Diskusi          : Konsep Impuls dan Momentum
Waktu                      : 15 Menit

Nama Kelompok :
1.
4.
2.
5.
3.
6.

A.    Kompetensi Dasar
3.10 Menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
Mendiskusikan konsep impuls dan momentum dalam kehidupan sehari-hari
B.       Tujuan
1.      Siswa dapat mengetahui besar momentum
2.      Siswa dapat mengetahui gaya impuls yang bekerja pada suatu benda
C.      Diskusi Masalah (stimulus)
Permasalahan 1
Gambar 1
b
 
a
 

Gambar 2
Deskripsi gambar:
Gambar 1. Dua buah bola bergelinding dengan massa yang berbeda tetapi kecepatan sama
Gambar 2. Dua buah bola menggelinding dengan massa yang sama tetapi kecepatan bola b lebih cepat dari bola a
Permasalahan 2
Image result for bola ditendangDeskripsi gambar :
Jika Anda tendang sebuah bola yang sedang diam. Walaupun kontak  antara  kaki  Anda  dan  bola  hanya  sesaat,  namun  bola  dapat  bergerak dengan kecepatan tertentu.

D.      Rumusan Masalah (menyatakan masalah)
a.       Bagaimana besar momentum pada suatu benda?
b.      Bagaimana gaya impuls yang bekerja pada tendangan bola?
E.       Hipotesis (menyatakan masalah)

 
      








F.       Pertanyaan Diskusi
1.      Pada gambar no 1, bola manakah yang sulit dihentikan? Mengapa?
Jawaban: ......................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
2.      Pada gambar no 2, bola manakah yang sulit dihentikan? Mengapa?
Jawaban: ......................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
3.      Rumuskan secara matematis, konsep momentum!
Jawaban: .......................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
4.      Gaya apa yang terjadi pada permasalahan 2 ? Jelaskan!
Jawaban: .......................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
5.      Rumuskan secara matematis konsep impuls!
Jawaban: .......................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

G. Kesimpulan
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LDS Tumbukan

LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS) Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester        : X / II Materi Pokok          : Impuls dan Momentum Jud...