Selasa, 26 September 2017

RPP K13 Jenis-jenis Tumbukan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SIKLUS IV
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran            : Fisika
Kelas / Semester           : X / II
Materi Pokok               : Impuls dan Momentum
Sub Materi Pokok        : Jenis-Jenis Tumbukan
Alokasi Waktu              : 3 x 45 menit (1x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tumbukan
2.      Siswa dapat mengetahui dan membedakan jenis-jenis tumbukan
3.      Siswa dapat menganalisis peristiwa didalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan tumbukan
4.      Siswa dapat menuliskan secara matematis persamaan dari jenis-jenis tumbukan
5.      Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan tumbukan

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3.10
Menerapkan konsep impuls dan momentum, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
3.10.1    mendeskripsikan pengertian tumbukan
3.10.2    membedakan jenis-jenis tumbukan
3.10.3    menganalisis peristiwa didalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan tumbukan
3.10.4    menuliskan secara matematis persamaan dari jenis-jenis tumbukan
KD 4.10
Menyajikan hasil pengujian penerapan hukum kekekalan momentum, misalnya bola jatuh bebas ke lantai dan roket sederhana
4.10.1    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan tumbukan

C.    Materi Pembelajaran
1.      Faktual                        : Setiap   partikel   yang   ada   di  jagad  raya  ini senantiasa
bergerak, benda bergerak dikarenakan adanya kecepatan akibat gaya luar yang mempengaruhinya, partikel yang bergerak berpeluang untuk bertumbukan satu sama lain
2.      Konseptual      : Jenis-jenis tumbukan
3.      Prosedural       : Percobaan  dengan  menggunakan  konsep  impuls  dan
momentum

D.    Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan      : Saintifik
2.      Model              : Discovery Learning

E.     Media Pembelajaran
1.      Media                :  LCD,  Lembar  Kerja  Siswa,  Animasi  Pembelajaran,
Lembar Observasi serta penilaian
2.      Alat dan Bahan : Laptop

F.     Sumber Belajar
Sumber belajar      : Buku fisika SMA kelas x yang relevan dan LKS

G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.     Guru mengucapkan salam.
2.     Siswa dan guru menciptakan suasana religius di dalam kelas dengan bersama-sama berdoa.
3.     Guru memeriksa kehadiran siswa dengan cara bertanya kepada ketua kelas.
4.     Siswa diberikan motivasi dan apersepsi dimana guru bertanya tentang materi yang telah dijelaskan minggu lalu kemudian guru mengaitkan materi yang akan diajar melalui animasi tentang tumbukan
5.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti (90 menit)
1.      Stimulation (pemberian rangsangan)
Mengamati
a.       Guru menampilkan video kejadian-kejadian atau fenomena terkait tumbukan yang memungkinkan siswa menemukan masalah
b.      Siswa melakukan pengamatan fenomena tumbukan yang disajikan oleh guru
2.      Problem statement ( identifikasi masalah)
Menanya
a.         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati fenomena terkait tumbukan
b.        Siswa diharapkan bertanya mengenai permasalahan yang timbul setelah mengamati fenomena terkait tumbukan
c.         Guru membimbing siswa merumuskan pertanyaan yang diajukan sebelumnya menjadi sebuah rumusan masalah penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya.
d.        Guru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan.
e.         Siswa menyampaikan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan
3.      Data collection (Pengumpulan Data)
Mencoba
a.    Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan diskusi dengan prosedur pada LDS yang diberikan
b.    Guru membimbing dan memfasilitasi siswa selama diskusi berlangsung.
c.    Guru menilai keterampilan siswa dalam diskusi secara kelompok tentang bagaimana kerjasama siswa dalam kelompok, menghargai ide, saran, dan pendapat orang lain, kemampuan menjawab pertanyaan, dan kemampuan menarik kesimpulan.
4.      Data Processing (Pengolahan Data)
Mengasosiasi
a.       Siswa mengolah dan menganalisis data/informasi yang didapatkan dari diskusi.
b.      Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan suatu konsep.
5.      Verification (Pembuktian)
Mengasosiasi
a.       Siswa mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan dan membandingkan pengolahan dengan data-data pada buku sumber
b.      Siswa menyimpulkan konsep tumbukan dalam bentuk laporan diskusi.
c.       Guru menilai kemampuan siswa mengolah data dan merumuskan kesimpulan.
6.      Generalization (menarik kesimpulan)
Mengkomunikasikan
a.       Siswa sebagai perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil percobaan.
b.      Guru mengarahkan siswa-siswa dari kelompok lainnya untuk memberi tanggapan atau mengajukan pertanyaan.
c.       Guru memberikan masukan dan penguatan materi terhadap hasil yang telah didapatkan
d.      Menyimpulkan mengenai konsep tumbukan.

3.      Penutup (30 menit)
1.      Guru membimbing siswa menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
2.      Guru melakukan evaluasi dalam bentuk penugasan soal evaluasi.
3.      Siswa mengisi angket motivasi
4.      Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam

H.    PENILAIAN
a.      Jenis/teknis penilaian
Penilaian dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
b.      Bentuk instrumen
Instrumen kinerja menggunakan lembar observasi yang berupa penilaian terhadap kinerja siswa selama pembelajaran berlangsung dan juga menggunakan angket untuk melihat motivasi belajar siswa
                       
Lampiran :  Instrumen penilaian (lembar kerja siswa), soal (tes tertulis), lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket motivasi belajar siswa, rubrik penilaian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LDS Tumbukan

LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS) Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester        : X / II Materi Pokok          : Impuls dan Momentum Jud...