(RPP)
SIKLUS IV
Satuan Pendidikan
: Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : X / II
Materi Pokok :
Impuls dan Momentum
Sub Materi Pokok : Jenis-Jenis Tumbukan
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit (1x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tumbukan
2.
Siswa dapat mengetahui dan membedakan jenis-jenis tumbukan
3.
Siswa dapat menganalisis peristiwa didalam kehidupan sehari-hari yang
berhubungan dengan tumbukan
4.
Siswa dapat menuliskan secara matematis persamaan dari jenis-jenis tumbukan
5.
Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan tumbukan
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
KD 3.10
Menerapkan konsep
impuls dan momentum, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.10.1 mendeskripsikan
pengertian tumbukan
3.10.2 membedakan
jenis-jenis tumbukan
3.10.3 menganalisis
peristiwa didalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan tumbukan
3.10.4 menuliskan
secara matematis persamaan dari jenis-jenis tumbukan
|
KD 4.10
Menyajikan hasil
pengujian penerapan hukum kekekalan momentum, misalnya bola jatuh bebas ke
lantai dan roket sederhana
|
4.10.1
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan tumbukan
|
C. Materi
Pembelajaran
1. Faktual :
Setiap partikel yang ada di jagad raya ini senantiasa
bergerak,
benda bergerak
dikarenakan adanya kecepatan akibat gaya luar yang mempengaruhinya, partikel yang bergerak berpeluang
untuk bertumbukan satu sama lain
2. Konseptual :
Jenis-jenis
tumbukan
3. Prosedural :
Percobaan dengan menggunakan konsep impuls
dan
momentum
D. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model : Discovery Learning
E. Media
Pembelajaran
1.
Media
: LCD, Lembar
Kerja Siswa, Animasi
Pembelajaran,
Lembar Observasi
serta penilaian
2. Alat dan Bahan : Laptop
F. Sumber
Belajar
Sumber belajar : Buku fisika SMA kelas x yang relevan dan
LKS
G.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
(15 menit)
1.
Guru mengucapkan salam.
2.
Siswa dan guru menciptakan suasana
religius di dalam kelas dengan bersama-sama berdoa.
3.
Guru memeriksa kehadiran
siswa dengan cara bertanya kepada ketua
kelas.
4.
Siswa diberikan motivasi dan
apersepsi dimana guru bertanya tentang materi yang telah dijelaskan minggu
lalu kemudian guru mengaitkan materi yang akan diajar melalui animasi tentang
tumbukan
5.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti (90 menit)
1.
Stimulation
(pemberian rangsangan)
Mengamati
a.
Guru menampilkan video
kejadian-kejadian atau fenomena terkait tumbukan yang memungkinkan siswa menemukan
masalah
b.
Siswa
melakukan pengamatan fenomena tumbukan
yang disajikan oleh guru
2.
Problem statement ( identifikasi
masalah)
Menanya
a.
Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati fenomena terkait tumbukan
b.
Siswa diharapkan bertanya
mengenai permasalahan yang timbul setelah mengamati fenomena terkait tumbukan
c.
Guru membimbing siswa
merumuskan pertanyaan yang diajukan sebelumnya menjadi sebuah rumusan masalah
penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya.
|
d.
Guru membimbing siswa untuk
mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan.
e.
Siswa menyampaikan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan
3.
Data collection (Pengumpulan Data)
Mencoba
a. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
untuk melakukan diskusi dengan prosedur pada LDS yang diberikan
b.
Guru membimbing dan
memfasilitasi siswa selama diskusi berlangsung.
c.
Guru
menilai keterampilan siswa dalam diskusi secara kelompok tentang bagaimana kerjasama siswa
dalam kelompok, menghargai ide, saran, dan pendapat orang lain, kemampuan
menjawab pertanyaan, dan kemampuan menarik kesimpulan.
4.
Data Processing (Pengolahan Data)
Mengasosiasi
a.
Siswa mengolah dan
menganalisis data/informasi yang didapatkan dari diskusi.
b.
Guru
membantu siswa menganalisis data supaya menemukan suatu konsep.
5.
Verification
(Pembuktian)
Mengasosiasi
a. Siswa mendiskusikan hasil pengamatan dengan
memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan dan membandingkan
pengolahan dengan data-data pada buku sumber
b. Siswa menyimpulkan konsep tumbukan dalam bentuk laporan diskusi.
c. Guru menilai kemampuan siswa mengolah
data dan merumuskan kesimpulan.
6.
Generalization
(menarik kesimpulan)
Mengkomunikasikan
a.
Siswa sebagai perwakilan masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil percobaan.
b.
Guru mengarahkan siswa-siswa dari kelompok lainnya untuk
memberi tanggapan atau mengajukan pertanyaan.
c.
Guru memberikan masukan dan penguatan materi terhadap hasil
yang telah didapatkan
d.
Menyimpulkan
mengenai konsep tumbukan.
|
3. Penutup (30 menit)
1. Guru membimbing siswa
menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
2. Guru melakukan evaluasi dalam
bentuk penugasan soal evaluasi.
3. Siswa mengisi angket
motivasi
4. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan
salam
|
H. PENILAIAN
a.
Jenis/teknis penilaian
Penilaian dilakukan melalui penilaian
proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja
kelompok, sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
b.
Bentuk instrumen
Instrumen
kinerja menggunakan lembar observasi yang berupa penilaian terhadap kinerja
siswa selama pembelajaran berlangsung dan juga menggunakan angket untuk melihat
motivasi belajar siswa
Lampiran : Instrumen penilaian (lembar kerja
siswa), soal (tes tertulis), lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket
motivasi belajar siswa, rubrik penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar