Selasa, 26 September 2017

RPP K13 Hukum Kekekalan Momentum

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SIKLUS III
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran            : Fisika
Kelas / Semester           : X / II
Materi Pokok               : Impuls dan Momentum
Sub Materi Pokok        : Hukum Kekekalan Momentum
Alokasi Waktu                         : 3 x 45 menit (1x pertemuan)
                                               
A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mendeskripsikan bunyi hukum kekekalan momentum
2.      Siswa dapat menentukan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar
3.      Siswa dapat mengaplikasikann hukum kekekalan momentum linier
4.      Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hukum kekekalan momentum dengan menerapkan persamaan matematis dari hukum kekekalan momentum

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3.10
Menerapkan konsep impuls dan momentum, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
3.10.1    Mendeskripsikan pengertian bunyi hukum kekekalan momentum
3.10.2    Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar
3.10.3    Mengaplikasikan hukum kekekalan momentum linier
KD 4.10
Menyajikan hasil pengujian penerapan hukum kekekalan momentum, misalnya bola jatuh bebas ke lantai dan roket sederhana
4.10.1    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hukum kekekalan momentum dengan menerapkan persamaan matematis dari hukum kekekalan momentum



C.    Materi Pembelajaran
1.      Faktual                        : Setiap   partikel   yang   ada   di  jagad  raya  ini senantiasa
bergerak, benda bergerak dikarenakan adanya kecepatan akibat gaya luar yang mempengaruhinya, partikel yang bergerak berpeluang untuk bertumbukan satu sama lain
2.      Konseptual      : Kekekalan momentum
3.      Prosedural       : Diskusi hukum kekekalan momentum
D.    Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan      : Saintifik
2.      Model              : Discovery Learning
E.     Media Pembelajaran
1.      Media                :  LCD,  Lembar  Diskusi  Siswa,  Animasi  Pembelajaran,
Lembar Observasi serta penilaian
2.      Alat dan Bahan : Lembar diskusi siswa (LDS)
F.     Sumber Belajar
Sumber belajar      : Buku fisika SMA kelas x yang relevan
G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1.     Guru mengucapkan salam.
2.     Siswa dan guru menciptakan suasana religius di dalam kelas dengan bersama-sama berdoa.
3.     Guru memeriksa kehadiran siswa dengan cara bertanya kepada ketua kelas.
4.     Guru memberikan pertanyaan apersepsi kepada siswa, pernahkah kalian melihat orang bermain biliar ? apakah antara bola biliar terjadi interaksi ?
5.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti (90 menit)
1.      Stimulation (pemberian rangsangan)
Mengamati
a.       Guru menampilkan video peluncuran roket
b.      Siswa melakukan pengamatan fenomena peluncuran yang disajikan oleh guru
2.      Problem statement ( identifikasi masalah)
Menanya
a.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati fenomena terkait impuls dan momentum.

b.    Siswa diharapkan bertanya mengenai permasalahan yang timbul setelah mengamati fenomena terkait impuls dan momentum.
c.    Guru membimbing siswa merumuskan pertanyaan yang diajukan sebelumnya menjadi sebuah rumusan masalah penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya.
d.   Guru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan.
e.    Siswa menyampaikan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan
3.      Data collection (Pengumpulan Data)
Mencoba
a.     Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan diskusi dengan prosedur pada LDS yang diberikan
b.     Guru membimbing dan memfasilitasi siswa selama diskusi berlangsung.
c.     Guru menilai keterampilan siswa dalam diskusi secara kelompok tentang bagaimana kerjasama siswa dalam kelompok, menghargai ide, saran, dan pendapat orang lain, kemampuan menjawab pertanyaan, dan kemampuan menarik kesimpulan.
4.      Data Processing (Pengolahan Data)
Mengasosiasi
a.       Siswa mengolah dan menganalisis data/informasi yang didapatkan dari diskusi.
b.      Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan suatu konsep.
5.      Verification (Pembuktian)
Mengasosiasi
a.       Siswa mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan dan membandingkan pengolahan dengan data-data pada buku sumber
b.      Siswa menyimpulkan konsep hukum kekekalan momentum dalam bentuk laporan diskusi.
c.       Guru menilai kemampuan siswa mengolah data dan merumuskan kesimpulan.
6.      Generalization (menarik kesimpulan)
Mengkomunikasikan
a.       Siswa sebagai perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil percobaan.
b.      Guru mengarahkan siswa-siswa dari kelompok lainnya untuk memberi tanggapan atau mengajukan pertanyaan.
c.       Guru memberikan masukan dan penguatan materi terhadap hasil yang telah didapatkan
d.      Menyimpulkan mengenai hukum kekekalan momentum.

3.      Penutup (30 menit)
1.      Guru membimbing siswa menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
2.      Guru melakukan evaluasi dalam bentuk penugasan soal evaluasi.
3.      Siswa mengisi angket motivasi
4.      Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
H.    PENILAIAN
a.      Jenis/teknis penilaian
Penilaian dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
b.      Bentuk instrumen
Instrumen kinerja menggunakan lembar observasi yang berupa penilaian terhadap kinerja siswa selama pembelajaran berlangsung dan juga menggunakan angket untuk melihat motivasi belajar siswa
                       

Lampiran :  Instrumen penilaian (lembar diskusi siswa), soal (tes tertulis), lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket motivasi belajar siswa, rubrik penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LDS Tumbukan

LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS) Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester        : X / II Materi Pokok          : Impuls dan Momentum Jud...