RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SIKLUS III
Satuan Pendidikan
: Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : X / II
Materi Pokok :
Impuls dan Momentum
Sub Materi Pokok : Hukum Kekekalan
Momentum
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit (1x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat mendeskripsikan bunyi hukum kekekalan momentum
2.
Siswa dapat
menentukan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar
3.
Siswa dapat mengaplikasikann hukum kekekalan momentum linier
4.
Siswa dapat
menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hukum kekekalan momentum
dengan menerapkan persamaan matematis dari hukum kekekalan momentum
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
KD 3.10
Menerapkan konsep
impuls dan momentum, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.10.1 Mendeskripsikan
pengertian bunyi hukum kekekalan momentum
3.10.2 Merumuskan hukum
kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar
3.10.3 Mengaplikasikan hukum
kekekalan momentum linier
|
KD 4.10
Menyajikan hasil
pengujian penerapan hukum kekekalan momentum, misalnya bola jatuh bebas ke
lantai dan roket sederhana
|
4.10.1
Menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan hukum kekekalan momentum dengan menerapkan
persamaan matematis dari hukum kekekalan momentum
|
C. Materi
Pembelajaran
1. Faktual :
Setiap partikel yang ada di jagad raya ini senantiasa
bergerak,
benda bergerak
dikarenakan adanya kecepatan akibat gaya luar yang mempengaruhinya, partikel yang bergerak berpeluang
untuk bertumbukan satu sama lain
2. Konseptual :
Kekekalan momentum
3. Prosedural :
Diskusi hukum kekekalan momentum
D. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model : Discovery Learning
E. Media
Pembelajaran
1.
Media
: LCD, Lembar
Diskusi Siswa, Animasi
Pembelajaran,
Lembar Observasi
serta penilaian
2. Alat dan Bahan : Lembar diskusi siswa (LDS)
F. Sumber
Belajar
Sumber belajar : Buku fisika SMA kelas x yang relevan
G.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
(15 menit)
1.
Guru mengucapkan salam.
2.
Siswa dan guru menciptakan
suasana religius di dalam kelas dengan bersama-sama berdoa.
3.
Guru memeriksa kehadiran
siswa dengan cara bertanya kepada ketua
kelas.
4.
Guru
memberikan pertanyaan apersepsi kepada siswa, pernahkah kalian melihat orang
bermain biliar ? apakah antara bola biliar terjadi interaksi ?
5.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti (90 menit)
1.
Stimulation
(pemberian rangsangan)
Mengamati
a.
Guru menampilkan video peluncuran roket
b.
Siswa melakukan pengamatan
fenomena peluncuran yang disajikan oleh guru
2.
Problem statement ( identifikasi masalah)
Menanya
a.
Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati fenomena terkait impuls dan momentum.
|
|
b.
Siswa diharapkan bertanya
mengenai permasalahan yang timbul setelah mengamati fenomena terkait impuls dan momentum.
c.
Guru membimbing siswa
merumuskan pertanyaan yang diajukan sebelumnya menjadi sebuah rumusan masalah
penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya.
d.
Guru membimbing siswa untuk
mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan.
e.
Siswa menyampaikan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskan
3.
Data collection (Pengumpulan Data)
Mencoba
a.
Siswa dibagi dalam beberapa
kelompok untuk melakukan diskusi dengan prosedur pada LDS yang diberikan
b.
Guru membimbing dan
memfasilitasi siswa selama diskusi berlangsung.
c.
Guru menilai keterampilan siswa dalam diskusi secara kelompok tentang
bagaimana kerjasama siswa dalam kelompok,
menghargai ide, saran, dan pendapat orang lain, kemampuan menjawab
pertanyaan, dan kemampuan menarik kesimpulan.
4.
Data Processing (Pengolahan Data)
Mengasosiasi
a.
Siswa mengolah dan
menganalisis data/informasi yang didapatkan dari diskusi.
b.
Guru membantu siswa
menganalisis data supaya menemukan suatu konsep.
5.
Verification
(Pembuktian)
Mengasosiasi
a. Siswa mendiskusikan hasil pengamatan dengan
memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan dan membandingkan
pengolahan dengan data-data pada buku sumber
b. Siswa menyimpulkan konsep hukum kekekalan momentum dalam bentuk laporan
diskusi.
c. Guru menilai kemampuan siswa mengolah data dan merumuskan
kesimpulan.
6.
Generalization
(menarik kesimpulan)
Mengkomunikasikan
a.
Siswa sebagai perwakilan masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil percobaan.
b.
Guru mengarahkan siswa-siswa dari kelompok lainnya untuk
memberi tanggapan atau mengajukan pertanyaan.
c.
Guru memberikan masukan dan penguatan materi terhadap hasil
yang telah didapatkan
d.
Menyimpulkan
mengenai hukum kekekalan momentum.
|
3. Penutup (30 menit)
1. Guru membimbing siswa
menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
2. Guru melakukan evaluasi dalam
bentuk penugasan soal evaluasi.
3. Siswa mengisi angket
motivasi
4. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan
salam
|
H. PENILAIAN
a.
Jenis/teknis penilaian
Penilaian dilakukan melalui penilaian
proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja
kelompok, sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
b.
Bentuk instrumen
Instrumen
kinerja menggunakan lembar observasi yang berupa penilaian terhadap kinerja
siswa selama pembelajaran berlangsung dan juga menggunakan angket untuk melihat
motivasi belajar siswa
Lampiran : Instrumen penilaian (lembar diskusi
siswa), soal (tes tertulis), lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket
motivasi belajar siswa, rubrik penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar