LEMBAR KERJA SISWA
HUKUM NEWTON I DAN PENERAPANNYA
Hari, Tanggal : Selasa, 3 Maret
2015
NAMA KELOMPOK :
1.
......................................................................
2.
......................................................................
3.
......................................................................
4.
......................................................................
5.
......................................................................
6.
......................................................................
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X / I
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Materi Pokok : Dinamika Partikel
Judul Percobaan : Hukum I Newton
Waktu : 20 Menit
![]() |
A.
Kompetensi
Inti :
KI. 1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagaibagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI. 3 Memahami
dan menerapakan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI. 4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajari disekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar :
1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan
tentang
aspek
fisik dan kimiawi, kehidupan
dalam ekosistem,
dan peranan manusia dalam lingkungan
serta
mewujudkannya
dalam
pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki
rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam
aktivitas
sehari-
hari
3. Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton
I, serta
penerapannya
pada
gerak
makhluk
hidup
dan
gerak
benda
dalam
kehidupan
sehari-hari
C.
Tujuan Pembelajaran
Membuktikan
bahwa benda mempunyai sifat kelembaman
D.
Rumusan
Masalah
Apakah suatu
benda mempunyai sifat kelembaman atau tidak?
E.
Hipotesis
Ya,
karena setiap benda pasti memiliki kecendrungan untuk mempertahankan keadaannya
semula.
F.
Alat
dan Bahan
1. Kertas HVS I lembar
2. Kotak Pensil
3. Meja kecil
G.
Teori
Dasar
Hukum I Newton
Apabila
kamu naik sebuah bus, kemudian bus itu tiba tiba di rem, kamu akan terdorong ke
depan. Bagaimana apabila bus tersebut maju tiba-tiba? Tentu kamu akan terdorong
ke belakan. Ketika kamu mendorong sebuah balok di atas meja yang permukaannya
datar kamu akan melihat bahwa balok tersebut akan cenderung bergerak dan
kemudian berhenti. Akan tetapi, pada saat permukaan meja tersebut diperhalus,
balok akan cenderung terus bergerak.
Kejadian
tersebut dipelajari kali pertama oleh Sir Issac Newton dan dinyatakan sebagai
Hukum I Newton yang menyatakan bahwa "suatu benda akan tetap diam atau
tetapbergerak lurus beraturan jika resultan gaya yang bekerja padabenda itu
sama dengan nol". Prinsip inilah yang menyebabkan kamu terdorong ke
depan ketika bus tiba-tiba direm atau terdorong ke belakang ketika bus bergerak
maju secara mendadak. Keadaan tersebut berhubungan dengan sifat kelembaman
dirimu. Oleh sebab itu, Hukum I Newton dikenal dengan hukum kelembaman.
H.
Langkah Percobaan
1.
Letakkan selembar kertas di atas meja,
kemudian letakkan sebuah kotak
pensil di atas kertas itu.
2.
Tariklah kertas itu secara horisontal
dengan sekali sentakan.
3.
Lakukan kegiatan tersebut beberapa kali.
Ulangi kegiatan di atas, tetapi dengan cara yang sedikit berbeda. Tariklah
kertas secara perlahan-lahan, lalu hentikan secara mendadak. Lakukan kegiatan
tersebut beberapa kali.
I.
Pertanyaan
1. Apakah
kotak pensil
cenderung diam ketika diganggu dengan sekali sentakan?
Jawab:
Ya,
karena gaya yang bekerja pada kertas berlangsung sangat singkat sehingga tidak
mempengaruhi kotak pensil.
2. Berapakah
resultan gaya benda yang sedang diam?
Jawab:
Resultan gaya benda yang sedang diam
adalah 0 (ƩF=0)
3.
Apa yang terjadi pada kotak pensil
ketika kertas ditarik secara perlahan ?
Jawab:
Kotak
pensil akan ikut bergerak bersama kertas, hal ini disebabkan gaya yang bekerja
pada kertas berlangsung lama sehingga ikut menarik kertas.
J. Kesimpulan
|
Kesimpulannya apa
BalasHapus